Rabu, 27 Juli 2011

RPP IPA 6 semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetuhuan Alam
Kelas/Semester : VI/I
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu . : 6 x 35 menit ( 3 x Pertemuan )

Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

Kompetensi Dasar : 1.1 Mendiskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiiliki hewan tertentu (kelelawr,cicak,bebek) dan lingkungan hidupnya

Indikator : 1. Menyebutkan ciri-ciri khusus hewan tertentu (kelelawar,cicak,be)
2. Mendiskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya.
3. Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

I Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah menyaksikan tayangan video tentang fauna, menyimak informasi, diskusi kelompok dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh hewan yang memiliki ciri khusus.
2. Setelah melalui kegiatan membaca dan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi ciri –ciri khusus hewan tertentu.
3. Setelah mengikuti kegiatan diskusi kelompok dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan manfaat cirri khusus yang dimiliki hewan tertentu.
4. Setelah melakukan pengamatan dan diskusi kelompok, siswa dapat mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki hewan terserbut dengan lingkungan hidupnya.

II. Materi Ajar :
Hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya.
Hewan memiliki beberapa cirri khusus yang berfungsi untuk memperoleh makanan, membela diri dan sebagai bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungan tempat tinggal hewan tersebut. Beberapa hewan yang memiliki cirri khusus diantaranya:
1. Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi dengan cara menangkap gelombang bunyi ultrasonic, sehingga dapat memperoleh makanannya serta dapat terbang dalam kegelapan.
2. Onta memiliki punuk pada bagian punggung yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanannya.
3. Cicak memiliki bentuk telapak kaki yang mampu berjalan di tempat rata meskipun vertical dan juga mampu mengelabuhi musuhnya dengan cara memutuskan ekornya.
4. Itik memiliki bentuk kaki berselaput yang berfungsi untuk untuk berenang dan berjalan di tempat berair serta berparuh pipih untuk mencari makanan di tempat berlumpur / berair.
5. Burung hantu memiliki kemampuan yang tajam pada indera penglihatan dan pendengaran guna memperoleh makanan pada waktu malam hari.
6. Landak memiliki kemampuan melindungi diri dari musuhnya dengan memiliki kulit berduru tajam.
7. Bunglon mampu mengkap mangsa dengan menjulurkan lidah yang panjang dan lengket serta mampu mengelabuhi musuhnya dengan mengubah warna kulitnya.dst

III. Metode : Diskusi, Ceramah, Pemberian tugas dan Tanya jawab.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan I :
A. Kegiatan Awal :
• Tanya jawab dengan siswa tentang pengalaman siswa saat bertamasya Taman safari atau kebun binatang.
• Siswa menyebutkan beberapa nama hewan, guru menuliskannya di papan tayangan slide.
• Guru bersama siswa menyanyikan lagu “ kukuruyuk “ yang di dalam syairnya merupakan teka-teki yang harus dijawab siswa
• Setelah siswa menebak teka-teki, guru membawa siswa ke materi

B. Kegiatan Inti :
• Siswa mengamati beberapa gambar hewan yang telah disediakan guru.
• Setelah mengatur pembagian kelompok siswa, guru membagikan lembar kerja kepada tiap kelompok dan selanjutnya siswa berdiskusi mengerjakan lembar kerja siswa.
• Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusi dan kelompok lain diberi kesempatan menanggapinya.
• Guru bersama siswa menarik satu kesimpulan berdasarkan materi yang telah didiskusikan di LKS.

C. Kegiatan Akhir :
• Siswa diberi kesempatan untuk menuliskan hasil diskusi kelas pada buku catatan
• Guru memberi penguatan tentang kesimpulan materi ajar keseluruhan.
• Siswa mengerjakan soal-soal sebagai evaluasi akhir pertemuan I secara tertulis.

Pertemuan II :
A. Kegiatan Awal :
• Guru mengadakan tanya jawab guna mengulang materi yang lalu
• Guru memberi satu contoh fungsi cirri khusus hewan tertentu
• Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi
selanjutnya.
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran pada pertemuan II ini.

B.Kegiatan Inti :
• Siswa mengamati cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu.
• Siswa mengerjakan LK yang telah tersedia dengan berdiskusi kelompok.
• Setiap kelompok mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok secara bergantian dan kelompok lain menanggapinya.
• Guru bersama siswa menarik kesimpulan tentang materi yang telah didiskusikan siswa sekaligus sebagai pembahasan materi.
• Dengan bimbingan guru siswa mencatat hasil diskusi kelas dalam buku catatannya.

C. Kegiatan Akhir :

• Sebagai kegiatan akhir pertemuan II siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan.
• Penugasan membuat kliping tentang jenis hewan dengan ciri khusus (tugas individu)

Pertemuan III :

A. Kegiatan Awal :
• Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang materi pada pertemuan yang lalu.
• Guru memberi pertanyaan tentang hewan berciri khusus dan siswa menjawabnya.
• Siswa membuat daftar nama hewan dan cirri khususnya.
• Setelah siswa menyelesaikan tugas di LKS

B. Kegiatan Inti :
• Guru memberi informasi tentang materi ajar cirri khusus hewan dan tumbuhan tertentu.
• Siswa membuat daftar nama hewan yang memiliki cirri-ciri khusus.
• Siswa mengerjakan lembar kerja dengan diskusi kelompok.
• Siswa mempresentasikan hasil diskusi tiap kelompok.
• Guru bersama siswa membahas hasil diskusi dan menarik kesimpulannya.

C. Kegiatan Akhir :
• Siswa mengerjakan tes tulis.
• Guru memberikan pemantapan tentang materi yang telah
dibahas sebagai tidak lanjut hasil tes tulis.


V.Alat/Bahan/Sumber Belajar :
• Buku Erlangga Kl VI hal 1 – 7
• LKS Cakrawala IPA hal 1 – 4
• Buku Paket bse IPA hal 2 - 6
• Pengalaman Guru.

VI. Penilaian :
• Kinerja
• Lisan.
• Tertulis.

Pertemuan I
Carilah 8 hewan yang memiliki ciri khusus .

No. Nama hewan Ciri-ciri khusus
1 ..................... ....................
2 ..................... ....................
3 .. .................. ....................
4 ..................... ....................
5 ..................... ....................
6 ..................... ....................
7 ..................... ....................
8 ..................... ....................


Pertemuan II.
1. Gambarlah seekor hewan yang mempunyai ciri khusus , kemudian warnailah !
2. Beri judul dan keterangan tentang bagian tubuh hewan tsb. Yang merupakan ciri khusus!
3. Setelah selesai, ceritakan gambar yang kamu buat didepan teman-temanmu sekelas!

Pertemuan III.
Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang tepat!
1. Unta memiliki punuk sebagai tempat ……………………
2. Bunglon dapat merubah warna kulit, yang disebut …………………….
3. Untuk menemukan mangsanya burung hantu memanfaatkan…………………………
4. Gajah mampu menangkap gelombang bunyi ……………..
5. Elang memiliki kemampuan yang tajam pada indera …….

Mengetahui

Kepala Sekolah

Minat ,kebiasaan dan budaya baca

Ketiga istilah ini merupakan kata-kata yang mengandung pengertian yang saling berhubungan. Minat seseorang terhadap sesuatu adalah kecenderungan hati yang tinggi,gairah atau keinginan seseorang tersebut terhadap sesuatu. Minat baca seseorang dapat diartikan sebagai kecenderungan hati yang tinggi orang tersebutkepada suatu sumber bacaan tertentu. Budaya adalah pikiran atau akal budi yang tercermin didalam pola pikir sikap, ucapan dantindakan seseorang didalam hidupnya.Budaya diawali dari sesuatu yg sering atau biasa dilakukan sehingga akhirnya menjadi suatusikap dan tindakan atau perbuatan untuk membaca yang dilakukan secara teratur dan berkelanjutan. Seorang yang mempunyai budaya baca adalah bahwa orang tersebut telah terbiasa dan berproses dalam waktu yang lama didalam hidupnya selalu menggunakan se -bagian waktu untuk membaca.